BPMN Overview #4 – Participants and Collaboration

Sebuah proses akan berjalan bila ada yang menjalankannya, bila ada partisipan di dalamnya. Lalu bagaimana BPMN menggambarkan partisipan?

Pool

pool
pool

Pool digambarkan dengan bentuk persegi panjang dengan garis pemisah di bagian kirinya yang akan menjadi tempat dimana nama partisipan dari proses yang ada di dalam pool tersebut. Berikut adalah contoh proses dengan menggunakan pool.

contoh pool
contoh pool

Pada contoh gambar di atas. Partisipan dalam proses tersebut adalah ACME Corp yang namanya disimpan di bagian kiri pool. Sedangkan proses yang dilakukan oleh ACME Corp disimpan di bagian kanan pool.

Lane

Lanes
Lanes

Jika ACME Corp memiliki divisi-divisi dan pembaca ingin melihat aktifitas apa saja yang dilakukan oleh divisi tertentu, pool ACME Corp dapat dibagi menjadi beberapa bagian. Ambil contoh pool yang sudah diperlihatkan di atas, anggaplah ACME Corp memiliki dua divisi yaitu divisi Warehouse dan Shipping. Sehingga bentuk pool akan menjadi seperti di bawah ini

Lane
Lane

Warehouse dan Shipping dalam gambar di atas disebut Lane. Fungsi dari lane untuk memperlihatkan lebih rinci role apa saja yang berperan dalam partisipan yang general.

Black-box Pool

Andaikan dalam suatu proses memiliki dua partisipan, tetapi pembaca tidak perlu tau proses apa saja yang terjadi di salah satu partisipannya. Untuk menggambarkan ini, BPMN memiliki black-box pool.

Black-box Pool
Black-box Pool

Pool Customer pada gambar di atas disebut black-box pool karena proses yang terjadi di Customer tidak diperlihatkan.

Message Flow

Lalu bagaimana tiap partisipan ini dapat berkomunikasi satu sama lain? Bagaimana partisipan-partisipan ini dapat berada dalam satu alur proses?

Awalnya mungkin akan terpikir notasi sequence flow untuk menghubungkan notasi di satu partisipan dengan notasi di partisipan lain. Sayangnya sequence flow tidak boleh keluar dari pool-nya. Dia hanya bisa berada dalam satu pool saja, tidak boleh menerobos keluar dari pool.

Untuk menyambungkan satu partisipan dengan partisipan lain, ada message flow. Message flow dinotasikan dengan bentuk panah yang garisnya putus-putus dan kepala panahnya berwarna putih atau empty arrow yang dasar atau awal dari garisnya berbentuk lingkaran kosong.

Message Flows
Message Flows

Kebalikan dari sequence flow, message flow tidak boleh berada di dalam pool dan hanya boleh berada di antara pool saja.

Message Flow
Message Flow

Gambar di atas menggambarkan Customer melakukan Order. Message flow berasal dari Customer yang merupakan black-box pool menuju message start event dari pool ACME Corp. Di ACME Corp juga terdapat message flow yang berasal dari aktifitas Shipment menuju pool Customer untuk menginformasikan atau memberi pesan tentang rincian pengiriman (shipment details).


Ikuti Training BPMN Sekarang juga!

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *