Multiple Event in BPMN

Dalam sebuah BPMN terdapat berbagai elemen yang menyusunnya seperti flow objek yang meliputi event, activity dan gateways. Untuk menghubungkan setiap event membutuhkan connecting object. Kemudian terdapat swimlanes dan juga artefacts.

Bagian yang akan ditekankan pada penjelasan ini yaitu mengenai Event dalam BPMN. Event direpresentasikan dengan sebuah lingkaran, menggambarkan sesuatu yang terjadi selama suatu proses. Terdapat tiga proses utama dalam BPMN yaitu start event, intermediate event dan end event.

Start event adalah flow object yang mendefinisikan mulainya sebuah proses. Intermediate event terjadi setelah proses dimulai dan sebelum proses berakhir. End event mendefinisikan berakhirnya sebuah proses.

Pada bab ini akan membahas mengenai multiple event pada BPMN. Kita dapat menggunakan multiple event untuk menyimpulkan beberapa event dengan satu symbol.

Pada contoh dibawah ini merupakan multiple event pada skenario pembelian baju. Contohnya kita ingin membeli baju dengan tipe yang kita inginkan karena melihat seorang selebgram memakai baju tersebut pada sebuah platform media sosial. Kemudian karena baju model tersebut sedang hits dibicarakan, seorang teman juga merekomendasikan baju yang dimaksud. Kemudian kita membeli pada sebuah platform marketplace, misalnya shopee. Setelah kita mendapat bajunya kita akan menuliskan review pada penilaian baju di platform shopee tersebut, dan kita juga akan share dengan teman mengenai baju yang direkomendasikannya.

Berikut pemodelan multiple event BPMN dengan tanpa menyimpulkan event, diagram lebih banyak notasi untuk memodelkan semua peristiwa secara terpisah.

Berikut pemodelan multiple event BPMN dengan menyimpulkan event menjadi single symbol, bagian yang berwarna orange adalah penjelasannya :


Ikuti Training BPMN Sekarang juga!

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *