BPMN Overview #2 – Gateways and Branching

Proses bisnis tidak selamanya hanya memiliki satu jalur lurus tanpa adanya cabang yang dapat merubah aktifitas yang perlu dilakukan atau bahkan merubah hasil yang didapat. Di BPMN, Gateway dapat digunakan untuk menggambarkan jalur proses yang bercabang.

Terdapat tiga jenis Gateway yang ada di BPMN :

1. Exclusive Gateway

Gateway yang hanya memilih salah satu jalur dari cabang yang terbuat sesuai dengan kondisi yang diberikan. Gateway ini digambar dengan bentuk belah ketupat yang memiliki tanda ‘X’ di dalamnya atau tidak ada sama sekali.

Exclusive Gateway
Exclusive Gateway

Tapi, kita harus menggunakan satu gambar yang sama dalam satu diagram, Misal memilih dengan gambar X di dalamnya maka kita harus menggunakan notasi tersebut pada semua diagram, sehingga tidak pembaca tidak bingung.

1.1 Exclusive Gateway

Exclusive Gateway
Exclusive Gateway

1.2 Exclusive Gateway dengan ending yang berbeda

Jika proses tersebut memiliki akhir atau hasil yang berbeda, perlu penamaan End Event yang jelas hasil apa kah yang berada di jalur Bad Ending.

Bad Ending
Bad Ending

1.3 Rinse and repeat

Pola yang berbeda ketiga adalah pengulangan setelah pemilihan pada satu task. Contoh penggunaan rinse and repeat :

Rinse and repeat
Rinse and repeat

2. Parallel Gateway

  • Parallel Gateways digambarkan dengan + dalam ketupat
  • Parallel Gateway digunakan untuk aktifitas yang dapat dilakukan secara paralel.
  • Paralel disini tidak serta merta harus dilakukan secara bersamaan, tetapi dua aktifitas tersebut dibutuhkan untuk melakukan aktifitas selanjutnya.
  • Parallel gateways tidak membutuhkan penamaan pada notasi nya.

Contoh:

Parallel Gateway
Parallel Gateway

Memasak mie instan dan Memasak telur dadar tidak memiliki ketergantungan satu sama lain tapi dua aktifitas ini harus dilakukan sebelum aktifitas Makan Mie Goreng Telur dilakukan, oleh karena itu dua aktifitas tersebut dapat digambarkan dengan parallel gateway.

3. Inclusive Gateway

Inclusive Gateway dapat dibilang gabungan antara Exclusive dan Parallel Gateway. Sesuai kondisinya, alur yang dipilih bisa hanya satu (Exclusive) atau keduanya (Parallel). Sama seperti Exclusive Gateway, karena memiliki kondisi Gateway ini harus diberikan nama (atau kondisi) pada notasinya yang berbentuk belah ketupat dengan lingkaran di dalamnya.

Contoh :

Inclusive Gateway
Inclusive Gateway

Pada proses di atas, pembuatan dokumen manual memiliki kondisi bahasa apa yang dibutuhkan dalam dokumen tersebut. Apakah membutuhkan bahasa Indonesia (ID), bahasa Inggris (EN), atau mungkin keduanya? Kondisi seperti ini yang digambarkan oleh Inclusive Gateway dimana aktifitas yang dilakukan hanya salah satu diantara pilihan aktifitas atau semua aktifitas tersebut dapat dilakukan.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *